Sejarah Bomber Jacket

Tidak ada komentar


Flight jacket, bomber jacket, atau bombardier jacket adalah sebutan untuk jaket yang pada awalnya diperuntukkan bagi pilot. Tapi sekarang bomber jacket sudah jadi jaket yang populer bagi kalangan umum juga. Gimana sih sejarah bomber jacket? Yuk simak TrueTues kali ini.

Pada Perang Dunia I, sebagian besar pesawat tidak memiliki kokpit tertutup sehingga pilot harus memakai sesuatu yang akan membuat mereka cukup hangat. Pada tahun 1915 saat bertugas di Perancis dan Belgia, pilot Royal Flying Corps dari Inggris sudah mulai memakai jaket kulit panjang, dan tren pun dimulai. Tentara AS mendirikan Aviation Clothing Board pada bulan September 1917 dan mulai membagikan jaket bomber terbuat dari kulit.

Leslie Irvin adalah orang pertama yang merancang dan memproduksi jaket bomber dari kulit domba. Pada tahun 1926 ia mendirikan sebuah perusahaan manufaktur di Inggris, dan menjadi pemasok utama jaket ke Royal Air Force selama Perang Dunia II. Namun, permintaan selama beberapa tahun pada awal perang begitu besar jadi perusahaan Irvin harus melibatkan perusahaan subkontraktor lain yang mengurus masalah variasi desain dan warna.





Akibat teknologi kedirgantaraan yang semakin canggih, pesawat udara yang dioperasikan jadi bisa terbang semakin tinggi. Sebagian besar serangan bom berat di Eropa selama Perang Dunia II berlangsung dari ketinggian sedikitnya 25.000 ft, di mana suhu bisa mencapai sedingin negatif 50 derajat Celcius. Jadi jaket bomber yang tebal dan hangat merupakan peralatan yang penting untuk setiap anggota kru.

Jaket bomber juga populer di kalangan skinhead dan scooterboys pada tahun 1970. Pada tahun 1993, jaket bomber juga dipakai sebagai “national costume” dari Amerika Serikat untuk pertemuan APEC yang diadakan di Seattle, Washington. Pada awal tahun 2000-an, jaket bomber menjadi pakaian kasual yang populer dalam fashion hip-hop. Jaket bomber juga dipakai oleh beberapa departemen kepolisian di seluruh Amerika Serikat karena desainnya yang kokoh.



 Jaket Kulit Keren

Tidak ada komentar :

Posting Komentar