Jaket Kulit Dari Film-film Terkenal Sepanjang Masa

Tidak ada komentar


Jaket kulit sejak dulu telah menjadi jenis pakaian yang identik dengan perilaku liar, pemberontak, dan jantan. Dikenakan pertama kali oleh para pilot pesawat tempur (bomber jacket), lalu kemudian pengendara motor besar, rockstar, hingga kini menjadi ikon fashion. Film pun tidak luput sebagai wadah pameran gaya-gaya mengenakan jaket kulit. Yang terbaru adalah Peter “Star Lord” Quill di film Guardians of the Galaxy. Tetapi dalam sejarah perfilman, ada banyak tokoh dari film-film favorit kita yang terkenal karena memakai jaket kulit, dan tidak jarang mempopulerkan gaya berjaket itu sendiri.

Berikut adalah 13 jaket kulit paling fenomenal di dunia perfilman:

1. John Travolta dan Olivia Newton-John di Grease (1978)



Memang hanya film musikal bertema cinta, tetapi film ini memberi pernyataan bahwa gaya para greasers tahun 1950an memang menjadi pelopor gaya berpakaian memakai jaket kulit untuk selamanya.


2. Harrison Ford di Raiders of the Lost Ark (1981)

green-label.com


Lebih dikenal karena topi fedora dan cambuknya, tetapi jaket kulit Indiana Jones tidak boleh ketinggalan. Jaketnya klasik, bergaya penerbang, dan berwarna coklat gelap yang senada dengan pakaian Indy keseluruhan. Sebuah jaket bagi petualang sejati.


3. Laurence Fishburne di The Matrix (1999)


The Matrix menghadirkan template dalam penampilan para jagoannya: kacamata hitam dan jaket kulit. Tetapi jaket milik Morpheus paling menarik perhatian dengan bahan kulit ular serta rapat menutup tubuh hingga melambai di bawahnya. Militer futuristik yang elegan.


4. Uma Thurman di Kill Bill Vol.1 (2003)

green-label.com

Mengambil inspirasi dari baju training Bruce Lee yang berwarna kuning dan bergaris hitam, dandanan Uma Thurman di film ini merombak konsep training kuning menjadi motorcycle jacket dengan warna yang sama tetapi detail jaket yang keren.


5. Mel Gibson di Mad Max 2: The Road Warrior (1981)



Max Rockatansky, karakter utama film ini dan prekuelnya, Mad Max, memakai jaket kulit di kedua film. Tetapi yang kedua lebih diingat karena menunjukkan kondisi dunia distopia yang keras dengan warna yang mulai pudar serta lengannya yang hanya sebelah.


6. Tom Cruise di Top Gun (1986)


Film ini memunculkan banyak tren. Diantaranya potongan rambut ala tentara (crew cut), motor Kawasaki Ninja GPZ 900r, profesi pilot pesawat tempur, kacamata aviator, serta jaket kulit penerbang yang penuh emblem militer. Semuanya terima kasih kepada Tom Cruise.


7. Brad Pitt di Fight Club (1999)

green-label.com

Mungkin yang paling nyeleneh baik dari dandanan dan tema filmnya. Brad Pitt tampil sebagai seorang pembuat sabun yang gemar menggelar aksi pertarungan bawah tanah antar anggota kelompoknya, memakai kemeja Hawaii, kacamata berframe besar, dan jaket kulit merah.


8. Arnold Schwarzenegger di The Terminator (1984)



Bagaimana cara mendandani pria bertubuh tinggi besar untuk membuatnya menjadi seorang ikon film action? Pakaikan jaket kulit, dan biarkan terbuka untuk menunjukkan otot-ototnya. Arnold menapaki peran terpenting dalam karirnya dalam selembar jaket kulit.


9. Richard Roundtree di Shaft (1971)

green-label.com

Film yang sudah pernah dibuat ulang ini berkisah tentang seorang detektif swasta, John Shaft, yang mencari putri seorang bos mafia. Mantel kulit berwarna hitam yang dipadukan dengan turtleneck sweater menjadi tren setelahnya.


10. Peter Fonda di Easy Rider (1969)


Yang ini bertema road movie, atau film dimana karakter utamanya melakukan perjalanan jauh sepanjang film. Kedua karakter utamanya naik motor dan melintasi Amerika Serikat, tetapi jaket bermotif bendera AS ini paling ikonik.


11. William Holden di Stalag-17 (1953)


Satu lagi film bertema Perang Dunia, kali ini seorang prajurit Angkatan Udara yang menjadi tahanan Nazi. Jaket penerbang (bomber jacket) yang dikenakannya berdetail kerah bulu.


12. Billy Campbell di The Rocketeer (1991)


Tema utamanya tentang Perang Dunia, dan seorang pemuda yang melawan Nazi dengan sebuah roket di punggungnya (jetpack), sementara jaket vintagewarna cognag-nya memang sungguh keren.


13. Marlon Brando di The Wild One (1953)

Pelopor gaya pengendara motor ke seluruh dunia melalui filmnya, aktor tampan Marlon Brando tampil dengan akting sebagai anak muda pemberontak, lengkap dengan bordiran nama di dada kiri dan topi ikoniknya.
Sumber: Telunjuk.com, green-label.com





Tidak ada komentar :

Posting Komentar